Selamat Datang di Gereja Paroki St Yosef Duri . . . . . Welcome to St Yosef Parish Church Duri - INDONESIA
Selamat Datang dan Terima kasih telah mengunjungi situs Gereja Katolik Paroki St.Yosef - Duri, Riau Indonesia. Menjadi Gereja yang Mandiri dan Berbuah, itulah Visi dan Misi Gereja Paroki St Yosef Duri, oleh karena itu peran serta aktif umat dalam pewartaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan, untuk itu apabila Saudara-Saudari berminat untuk menyumbangkan pikiran, tenaga, ketrampilan, pengetahuan, dana, waktu dan bantuan apapun termasuk komentar dan usulan, silahkan hubungi kami di: gerejaparokistyosef@gmail.com.

Budidaya Bebek Petelur – Beternak yang Mudah dan Menguntungkan

Budidaya dan Beternak Bebek Petelur yang Mudah dan Menguntungkan

Budidaya Bebek Petelur
Bagi yang tinggal di pedesaan atau perkampungan dengan lahan yang cukup, merupakan kesempatan untuk beternak dan budidaya bebek petelur. Asalkan sabar, beternak bebek petelur sebenarnya tidak sulit. Sebelum memulai, harus mengetahui tentang pancausaha beternak yang meliputi; Perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, tata laksana dan pemasaran hasil ternak.
Penyiapan sarana & peralatan
a. Temperatur kandang ± 39 ° C.
b. Kelembaban kandang berkisar berkisar 60-65%
c. Penerangan kandang diberikan untuk memudahkan pengaturan kandang supaya tata kandang sesuai dengan fungsi bagian-bagian kandang
d. kandang tak harus dari bahan yang mahal tapi cukup sederhana asal tahan lama dan kuat. Untuk perlengkapannya berupa tempat makan, tempat minum dan mungkin perelengkapan tambahan lain yang bermaksud positif dalam managemen.
e. Model kandang ada 3 jenis, diantaranya:
  • kandang untuk anak itik (DOD) pada masa stater disebut kandang box, dengan ukuran 1 m 2 sanggup menampung 50 ekor DOD.
  • kandang brower (untuk itik remaja) disebut model kandang Ren/kandang kelompok dengan ukuran 16-100 ekor perkelompok
  • kandang layar (untuk itik masa bertelur) modelnya dapat berupa kandang baterei (satu / dua ekor dalam satu kotak) bisa juga berupa kandang lokasi/kelompok dengan ukuran setiap meter persegi 4 sampai 5 ekor itik dewasa (masa bertelur / untuk 30 ekor itik dewasa dengan ukuran kandang 3 x 2 meter).
Pembibitan Bebek Petelur
Itik yang dipelihara harus merupakan ternak unggul yang telah diuji keunggulannya dalam memproduksi hasil ternak yang diharapkan.
1. Pemilihan bibit & calon induk
Pemilihan bibit ada 3 cara untuk memperoleh bibit itik yang baik yaitu :
  • membeli telur tetas dari induk itik yang unggul
  • memelihara induk itik yaitu pejantan & betina itik unggul untuk memperoleh telur tetas lalu meletakannya pada mentok, ayam / mesin tetas.
  • membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang terpercaya dan dikenal mutunya maupun yang telah mendapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat. Ciri DOD yang baik yaitu tidak cacat, tidak sakit dengan bulu berwarna kuning mengkilap.
2. Perawatan bibit & calon induk
Perawatan Bibit
Bibit DOD yang baru saja tiba, hendaknya ditangani secara teknis agar tidak salah dalam merawatnya. Bibit diterima dan ditempatkan di kandang brooder (indukan) yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam brooder yakni temperatur brooder diusahakan yang anak itik tersebar secara merata, kapasitas kandang brooder (box) untuk 1 m² mampu menampung 50 ekor DOD, tempat pakan & tempat minum sesuai dengan ketentuan yaitu jenis pakan itik fase stater dan minumannya perlu ditambah vitamin/mineral.
Perawatan calon Induk
Ada dua macam calon induk itik yakni induk untuk produksi telur konsumsi dan induk untuk produksi telur tetas. Perawatan keduanya sama saja, perbedaannya hanya pada induk untuk produksi telur tetas harus ada pejantan dengan perbandingan 1 jantan untuk 5 sampai 6 ekor betina.
Semoga sedikit pengetahuan tentang beternak dan budidaya bebek petelur yang mudah dan menguntungkandi atas menambah wawasan kita semua.

No comments:

Post a Comment