Selamat Datang di Gereja Paroki St Yosef Duri . . . . . Welcome to St Yosef Parish Church Duri - INDONESIA
Selamat Datang dan Terima kasih telah mengunjungi situs Gereja Katolik Paroki St.Yosef - Duri, Riau Indonesia. Menjadi Gereja yang Mandiri dan Berbuah, itulah Visi dan Misi Gereja Paroki St Yosef Duri, oleh karena itu peran serta aktif umat dalam pewartaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan, untuk itu apabila Saudara-Saudari berminat untuk menyumbangkan pikiran, tenaga, ketrampilan, pengetahuan, dana, waktu dan bantuan apapun termasuk komentar dan usulan, silahkan hubungi kami di: gerejaparokistyosef@gmail.com.

Warta Paroki

STASI SANTO YOHANES A DEO - KULIM

Mei 2016


Salah satu kerinduan umat di kring St. Yohanes A Deo sejak tahun 2009 yang lalu adalah ingin memiliki rumah ibadah (gereja) yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Waktu itu jumlah umat masih 18 KK. Hal ini beralasan karena jarak tempat tinggal mereka ke stasi St. Fransiskus Asisi Sejahtera berada pada kisaran 7 – 13 km, butuh ongkos transportasi Rp 10.000,- pulang pergi pada saat itu untuk satu orang.  Demikian kutipan sejarah singkat berdirinya stasi ini yang dibacakan oleh Ketua Pembangunan J. Purba.

            Setiap tahun jumlah umat semakin bertambah. Seiring berjalanya waktu, pada tahun 2012 jumlah umat stasi St. Fransiskus Asisi Sejahtera tercatat 253 KK. Dewan Pastoral Stasi (DPS), atas persetujuan pastor kepala paroki Martinus Suparjiwo, Pr, sepakat memprogramkan pemekaran stasi di daerah Kulim sebagai bentuk kemandirian stasi St. Fransiskus Asisi Sejahtera. Sebagai pertimbangan DPS waktu itu bahwa kapasitas gereja St. Fransiskus Asisi (yang selesai dibangun tahun 1999) hampir maksimal.
Pada tahun 2013 batas wilayah teritorial untuk perencanaan pemekaran stasi ini ditetapkan oleh DPP bersama DPS, yaitu mencakup wilayah kring St. Markus dan kring St. Yohanes A Deo, dengan jumlah umat 80 KK, dari Km 3 s/d 13 Kulim. Stasi baru ini berada di antara stasi St. Fransisikus Asisi Sejahtera Duri dengan St. Wilhelmus Simpang Bangkok (Paroki Dumai).

            Setelah sekian lama berjuang, kini impian itupun telah membuahkan hasil. Tepat pada Minggu 3 April 2016, Paskah II, dan diperingati sebagai Minggu Kerahiman Ilahi, stasi St. Yohanes A Deo resmi menjadi stasi yang ke-32 di wilayah Paroki St. Yosep Duri dengan jumlah umat tercatat 88 KK. Hal ini ditandai dengan misa perdana bersama umat stasi St. Fransiskus Asisi Sejahtera dan pengukuhan DPS oleh RD. Otto Processus Hasugian. 

Dalam kotbahnya Romo Otto menjelaskan bahwa mulai saat ini stasi St. Yohanes A Deo sudah langsung bertanggungjawab kepada Paroki St. Yosep, bukan lagi kepada stasi St. Fransiskus Asisi seperti waktu mereka sebagai Kring. Kita berdoa dan berharap semoga Stasi ini diyakini sebagai lambang kehadiran Yesus di tengah-tengah umat dan di lingkungan masyarakat sekitar. SK Pengukuhan dibacakan oleh Sekretaris I DPP Margaretha Hesti Ariesta. Pengukuhan DPS ditandai dengan percikan air suci dan penyerahan SK kepada masing-masing pengurus yang berjumlah 24 orang oleh Romo Otto. Selesai misa acara dilanjutkan dengan makan bersama dan hiburan.

            Sebagai Stasi yang baru, Stasi ini menjadi bagian dari Wilayah Sejahtera. Dalam kunjungan pastoral Bapa Uskup di wilayah ini 12 Juni 2016 nanti, DPP telah menetapkan bahwa stasi St. Yohanes A Deo akan  menjadi tuan rumah untuk penerimaan sakramen Krisma untuk wilayah Sejahtera.

Profisiat untuk Stasi St. Yohanes A Deo.

Sumber: D. P. Tarihoran.

No comments:

Post a Comment