Selamat Datang di Gereja Paroki St Yosef Duri . . . . . Welcome to St Yosef Parish Church Duri - INDONESIA
Selamat Datang dan Terima kasih telah mengunjungi situs Gereja Katolik Paroki St.Yosef - Duri, Riau Indonesia. Menjadi Gereja yang Mandiri dan Berbuah, itulah Visi dan Misi Gereja Paroki St Yosef Duri, oleh karena itu peran serta aktif umat dalam pewartaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan, untuk itu apabila Saudara-Saudari berminat untuk menyumbangkan pikiran, tenaga, ketrampilan, pengetahuan, dana, waktu dan bantuan apapun termasuk komentar dan usulan, silahkan hubungi kami di: gerejaparokistyosef@gmail.com.

Sejarah Gereja

SEJARAH GEREJA PAROKI ST YOSEF DURI

Awal tahun 1958-an Duri yang masih berhutan lebat telah hadir perusahaan minyak dari Amerika yang dikenal dengan nama PT. Caltex Pacific Indonesia (Caltex). Seiring dengan berkebangnya jaman maka masuklah beberapa umat katolik dari Suriname, expatriate serta beberapa orang Batak dan Jawa.

Merasa akan kehausan iman, maka dibentuklah perkumpulan yang agenda utamanya adalah   mengadakan ibadat bersama yang dipimpin oleh pak TH. E. Sihombing. Dalam satu bulan sekali merekan mendapat pelayanan Misa Kudus (Ekaristi) yang dipimpin oleh pastor Laurenze, SX, Morini atau Pastor Orzy yang dilaksanakan di Guest House (rumah tamu) milik Caltex.

Dengan semakin bertambahnya umat katolik yang ada diluar perumahan Caltex, yang sebagian besar berdomisili di Simpang Padang maka dengan diprakarsai oleh bapak Sumo Prawiro (atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Frans) serta dibantu dengan koleganya orang expatriate yakni Pak Archer,  pada tahun 1962-an mendirikan sebuah kapel diatas tanah milik umat (bpk N. Hutagalung) di Pokok Jengkol (sebelah kanan KUA sekarang ini.

Namun dengan berjalannya waktu dan kebutuhan dari Pak N. Hutagalung, maka tanah tersebut diminta kembali. Akhirnya, pak Frans dan pak Acher mencari lokasi baru untuk rumah ibadah dan akhirnya didapatlah tanah dari pak Bustami Nasution, yang terletak persis di depan perguruan Santo Yosef (SD st yosef sekarang). Pada tahun 1964 didirikan kapel kecil, yang merupakan cikal bakal Gereja Paroki Santo Yosef Duri ini.


 Tahun 1958 sampai dengan 1972 Gereja St Yosef Duri masuk ke wilayah stasi gereja St. Maria Pekanbaru, setelah Gereja Paroki St.Fransiskus Xaverius Dumai berdiri menjadi wilayah Dumai.

Sejak tahun 1978 Gereja Katolik St. Yosef Duri berubah menjadi gereja Paroki dengan Pastor Paroki Carlo Trepo SX,  dan seterusnya digantikan oleh Pastor Albino, sementara  Bapa Uskup pada waktu itu adalah Uskup Reimondo C. Bergamen SG, dewan paroki pertamanya adalah bapak Joko Sulistiyo.

Pada tanggal 17 Maret 1983 Mgr. Martinus Dogma Situmorang, O.F.M. Cap ditetapkan menjadi Uskup Padang. Di sisi lain Gereja St Yosef sudah semakin berkembang yang ditandai dengan semakin berkembangnya umat Katolik pada saat itu. Dengan dimotori oleh bapak FMB. Matulessya umat paroki santo yosef Duri membangun gereja yang lebih besar (gambar dibawah) yang selesai dibangun dan diresmikan oleh Bapa Uskup Mgr. Martinus Dogma Situmorang, O.F.M. Cap pada tanggal 11 Desember 1983.

Semenjak Pastor Martinus Suparjiyo, Pr. ditugaskan di Paroki Santo Yosef Duri pada tanggal 24 Maret 2002, perkembangan umat semakin berkembang. Menyikapi perkembangan ini Pastor Martinus bersama dengan anggota Dewan Paroki pada tanggal 2 Agustus 2004 menetapakan Panitia Pembangunan Gereja Gereja Stasi (PPGS) dan Renovasi Gereja Pusat Paroki Santo Yosef Duri yang diketuai oleh Carlo Anindra Wisnu atau lebih akrab dipanggil dengan  Carlo dan sekretaris Henkie Wongsowijoyo. Rapat pertama panitia dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2004.

Peta wilayah Gereja Paroki Santo Yosef pada saat itu secara keseluruhan dapat dilihat pada  gambar dibawah ini:
  

Daerah Kabupaten Rokan Hilir
Gereja yang termasuk dalam daerah ini adalah:
1.    Stasi Sukajadi
2.    Stasi Tanjung Selamat
3.    Stasi Seremban Jaya
4.    Stasi Poros
5.    Stasi APMP Tanah Putih
6.    Stasi Menggala Jonson
7.    Stasi SD Katolik

Daerah Kabupaten Bengkalis
Gereja yang termasuk dalam daerah ini adalah:
1.    Pusat Paroki Duri
2.    Stasi Sejahtera
3.    Stasi Pematang Bow
4.    Stasi Tegar
5.    Stasi Balai Raja
6.    Stasi Lingkaran
7.    Stasi Suka Damai
8.    Stasi Cinta Damai
9.    Stasi Simpang Jambu
10.  Stasi Sinar Kemenangan
11.  Stasi Melibor

Daerah Kabupaten Siak
Gereja yang termasuk dalam daerah ini adalah:
1.    Stasi PKS Waduk
2.    Stasi Kandis
3.    Stasi Simpang Anggur
4.    Stasi Simpang Pipa
5.    Stasi Simpang Pungut
6.    Stasi Kandistasari
7.    Stasi Pencing Lestari

Daerah Kabupaten Kampar
Gereja yang termasuk dalam daerah ini adalah:
1.    Stasi Libo Lestari
2.    Stasi Buana Wira

Daerah Kabupaten Rokan Hulu
Saat ini, belum ada gereja stasi yang berada di daerah Kabupaten Rokan Hulu.

Daerah Kodya Dumai
Saat ini, Kodya Dumai bukan merupakan bagian dari wilayah Paroki Santo Yosef Duri.


Shalom Aleikhem
Dalam progres pengerjaan (admin)

No comments:

Post a Comment