Selamat Datang di Gereja Paroki St Yosef Duri . . . . . Welcome to St Yosef Parish Church Duri - INDONESIA
Selamat Datang dan Terima kasih telah mengunjungi situs Gereja Katolik Paroki St.Yosef - Duri, Riau Indonesia. Menjadi Gereja yang Mandiri dan Berbuah, itulah Visi dan Misi Gereja Paroki St Yosef Duri, oleh karena itu peran serta aktif umat dalam pewartaan adalah sesuatu yang sangat diperlukan, untuk itu apabila Saudara-Saudari berminat untuk menyumbangkan pikiran, tenaga, ketrampilan, pengetahuan, dana, waktu dan bantuan apapun termasuk komentar dan usulan, silahkan hubungi kami di: gerejaparokistyosef@gmail.com.
# Trinity #

"ALLAH TRITUNGGAL"

Banyak pertanyaan yang sering diajukan oleh orang non-Kristen atau juga merupakan pertanyaan orang Kristen sendiri mengenai Allah, Anak, Roh Kudus. Beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah:

+ Pertanyaan 1.
Apakah benar Tuhannya orang Kristen ada 3? Bukankah Tuhan itu Esa?


[1.] Sikap Yang Benar Untuk Mempelajari Doktrin Allah Tritunggal

1. Karena kebenaran ini berasal dari Sang Pencipta, bukan ciptaan, maka harus kita sadari adanya perbedaan dasar antara Pencipta dan yang dicipta. Ketika kita menemukan kesulitan besar di dalam mempelajari dan mengajarkan doktrin ini, hal ini adalah wajar.
2. Doktrin Tritunggal memang sulit dipelajari karena melampaui rasio manusia (supra rasional). Tetapi ini bukan berarti bertentangan dengan rasio (kontra rasional).
3. Pada waktu kita mempelajari Tritunggal, kita bukan hanya menyelidiki konklusi dogma yang sudah didiskusikan berabad-abad, melainkan juga kita sedang belajar dari Dia, Allah Tritunggal. Allah bukan sekedar obyek penyelidikan kita, melainkan subyek.

[2.] Kunci kebenaran

Hanya ada satu Allah yang hidup dan yang benar yang bersifat kekal dan tak berubah yang tidak bisa dipisahkan (Doktrin ke-Esa-an Allah).
- Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah sepenuhnya dan setara (Doktrin tiga pribadi sama dalam esensi Ilahi).
- Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus, merupakan pribadi yang berbeda (Doktrin tiga pribadi berbeda dalam subsistence)

[3.] Istilah & pengertian “Tritunggal”

Istilah “Tritunggal” tidak ada di dalam Alkitab. Kata ini diadopsi dari istilah Inggris “trinity” (kependekan dari kata “triunity”). Pemunculan pertama kali dari kata ini harus ditelusuri sampai pada jaman Theophilus dari Antiokhia atau Tertulianus. Kata “trinity” sendiri berasal dari bahasa Latin “trinite” atau “trinitas” yang berarti “keadaan menjadi tiga” (“the state of being threefold”).

Apa yang dimaksud dengan “Tritunggal” (tiga tapi satu)?
Tiga dalam hal apa?
Satu dalam hal apa?
Secara sederhana, istilah “Tritunggal” dapat didefinisikan “tiga pribadi ilahi (hypostasis) dalam satu hakekat (ousia)”. Penjelasan yang lebih baku dirumuskan dalam Pengakuan Iman Konstantinopel sebagai berikut “kami percaya bahwa ada satu hakekat (ousia) dari Bapa dan Anak dan Roh Kudus dalam tiga kepribadian yang sempurna (hypostasis) atau tiga Pribadi yang sempurna (proswpois)”. Penekanan pada rumusan ini sebenarnya lebih terletak pada kesatuan dan kesamaan hakekat (homoousios) yang dimiliki oleh ketiga pribadi dalam Tritunggal.

# Doktrin Tritunggal dapat diterangkan sebagai berikut:

- Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah setara dalam hakekat Di antara ketiganya, tidak ada yang hakekatnya lebih tinggi atau lebih rendah.
- Ketiganya tidak hanya memiliki hakekat yang setara, tetapi juga hakekat yang satu. Tritunggaltidak mengajarkan adanya “tiga atau banyak Allah yang bersatu” (tritheisme/politheisme).
- Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah pribadi yang berbeda. Hal ini terlihat dengan jelas pada waktu peristiwa baptisan Yesus (Mat 3:16-17) dan teks-teks lain yang menunjukkan adanya komunikasi antara Bapa dan Anak (Yoh 11:41-42).
- Ketiga Pribadi dalam Tritunggal adalah satu Allah dan satu-satunya Allah yang benar. Walaupun dalam dunia ini banyak yang disebut atau dianggap allah, tetapi bagi kita hanya ada satu Allah (Ul 6:4; Kel 20:3)

# Doktrin Tritunggal dalam Perjanjian Lama

- “Baiklah kita jadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita...” kata Kita mengacu pada pribadi yang plural (jamak). Kej 3:22, 11:7, Yesaya 6:8
- “(45-7) Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaanmu adalah tongkat kebenaran. (45-8) Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutumu.” (Psa 45:6-7)
- “Mazmur Daud. Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku: "Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu." (Psa 110:1)

Pernyataan tentang Doktrin Tritunggal:
1. Ada dalam Pribadi yang Ilahi tetapi satu esensi yang tak dapat terpisahkan.
2. Dalam satu Pribadi yang Ilahi ada tiga Persona atau subsistence individu, Bapa, Anak dan Roh Kudus
3. Keseluruhan esensi Allah yang tak terbagi ini dimiliki secara setara oleh setiap Persona dalam Tritunggal.
4. Subsistence dan pekerjaan dari tiga Persona dalam Pribadi ilahi (Divine Being) ini ditandai dengan order-keteraturan yang jelas dan tertentu.
5. Ada beberapa karakteristik (attributes) yang olehnya ketiga Persona ini adalah berbeda
6. Gereja mengakui bahwa Doktrin Trinitas merupakan sebuah misteri yang di atas kemampuan manusia untuk memahaminya.

+ Pertanyaan 2.
Bukankah Yesus itu manusia mengapa disebut Tuhan Allah?

Beberapa fakta yang menyatakan Yesus adalah Tuhan Allah dalam Alkitab:

1. Dalam kitab-kitab Injil

• Mar 1:1 Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.
• Mar 4:41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"
• Mark 15:39 "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!"
• Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Luk 22:69-70 Mulai sekarang Anak Manusia sudah duduk di sebelah kanan Allah Yang Mahakuasa." Kata mereka semua: "Kalau begitu, Engkau ini Anak Allah?" Jawab Yesus: "Kamu sendiri mengatakan, bahwa Akulah Anak Allah."
• Mat 28:19-20
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
• Joh 1:1-3 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.
• Joh 1:18 No one has ever seen God; the only God, who is at the Father's side, he has made him known.
• Joh 1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
• Joh 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

2. Dalam surat Paulus dan kitab Perjanjian Baru lainnya

• Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
• Php 2:5-8 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
• Php 2:10-11 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!
• Col 1:15-19 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan, karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
• Heb 1:2-4 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allahdan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
• Heb 1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."
• Wahyu 5:13 "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"

3. Dari tulisan dan konsili para Bapa Gereja

• Ignatius, uskup Anthiokhia (107-110) : “Dia yang sebelum segala zaman sudah ada bersama Bapa”
• Ireneus: “Bapa adalah Allah dan Anak adalah Allah...”
• Tertullianus : “satu pribadi...Allah dan manusia”
• Konsili Nicea (sidang bapa-bapa gereja/uskup, 325): “Dan kepada satu Tuhan, Yesus Kristus, Anak Allah,....”

Bukti Alkitab tentang KeTuhanan Anak termasuk:
1. Perjanjian Lama memberikan beberapa fakta dan memprediksikan tentang Mesias yang Kudus
2. Kesaksian Yesus tentang Diri-Nya secara perkataan maupun tidakan
3. Kebangkitan-Nya
4. Para Penulis Perjanjian Baru, kesatuan kesaksian tentang Kristus
5. Secara khusus, sembilan bagian dalam Perjanjian Baru dimana “Allah” (Theos) digunakan kepada Kristus.

Beberapa tindakan Yesus yang menyatakan bahwa Ia adalah Mesias:

- Ia berkuasa mengampuni dosa, Ia mendengarkan dan menjawab doa, Ia menerima sembah dan puji-pujian dari manusia, Ia adalah objek dari iman manusia, Ia mengadakan berbagai mujizat.
- Ia berkuasa atas segala sesuatu, kekuasaan yang tak terbatas (omnipotent), Ia tidak terbatas ruang dan waktu (omnipresence), Ia mengetahui segala sesuatu (omniscience).
- Ia duduk disebelah kanan Allah Yang Maha Kudus. Ia bangkit dari kematian.

+ Pertanyaan 3.
Apakah benar Allah mempunyai anak yaitu Yesus? Jika Yesus adalah Allah mengapa Yesus juga berdoa kepada Allah? Apa yang membedakan Allah Bapa, Allah Putra, dan Roh Kudus dari segi pekerjaan, dan waktu?

Beberapa pemahaman yang penting untuk menjawab pertanyaan di atas:

Ad. 1 God Is Three Persons

Kenyataan bahwa Allah adalah tiga pribadi berarti bahwa
• Bapa tidak sama dengan Anak
Selidikilah ayat-ayat ini: I Tim 1:1-2; Mat 4;3-4; Luk 23:34,46; Yoh 11:41; 17:1; Ibrani 5:7; Markus 13:32; Yoh 8:42; Yoh 3:16; Yoh 5:19, 23-6; Luk 22:42; Yoh 14:31; Yoh 15:9; Yoh 16:10,28; Yoh 17:5; I Kor 15:28; Yoh 10:30; Mat 27:43, 14:61.
• Bapa tidak sama dengan Roh Kudus
Selidikilah ayat-ayat ini : Kis 5:31-2; 7:55; 10:38; 13:2; I Kor 2:10-11; Rom 8:26; Yoh 14:26; Yoh 16:13-4.
• Anak tidak sama dengan Roh Kudus.
Selidikilah ayat-ayat ini : Markus 1:10; Luk 4:18; I Pet 3:18; Yoh 16:7,14

Ad.2 Each Person Is Fully God

a. Allah Bapa adalah Allah.
Hal ini sangat jelas sekali, mulai dari ayat pertama dalam Alkitab, di mana Allah menciptakan dunia dan seisinya, sampai dengan kitab terakhir dalam Alkitab.

b. Yesus Kristus adalah Allah (The Son is fully God)
- Ia mempunyai hak mengampuni dosa (Mar 2:5)
- Ia mempunyai kuasa untuk menghakimi dunia (Mat 25:31-46) dan yang hidup dan yang mati ( 2 Tim 4:1; II Kor 5:10)
- Ia memiliki kebersamaan dengan Allah (Yoh 14:23)
- Ia memiliki ada sejak awal (Yoh 8:58)
- Ia dan Bapa satu dan siapa yang melihat Dia telah melihat Bapa (Yoh 14:7-9)
- Ia memiliki otoritas atas hari Sabat (Kel 20:8-11 & Mar 2:27-8)
- Ia memiliki substansi dan kualitas Allah ( Fil 2:5-11)
- Ia adalah gambar Allah yang tak kelihatan (Kol 1:15-20). Ia memiliki kepenuhan Allah dan sejajar dengan Allah (Kol 2:9).
- Ia menerima perlakuan terhadap diriNya sebagai Allah (Yoh 20:28)

c. Roh Kudus adalah Allah (The Holy Spirit is also fully God)
- Dalam Kis 5:3-4, Petrus menyamakan berbohong kepada Roh Kudus sama dengan berbohong kepada Allah.
- Paulus dalam I Kor 3:16, mengatakan Roh Allah (Roh Kudus) berdiam dalam Bait Allah.
- Daud dalam Mazmur 139:7-8, mengungkapkan akan sifat omnipresence (ke-mahahadir-an) dari Roh Kudus
- I Kor 2:10-11, --- sifat omniscience (ke-mahatahu-an) dari Roh Kudus.
- Proses kelahiran baru dari org percaya adalah pekerjaan Roh Kudus (Yoh 3:5-7 bandingkan I Yoh 3:9)

Ad. 3 There is only One God

Alkitab PL & PB dengan sangat jelas menegaskan bahwa hanya ada dan hanya satu Allah. Allah hanya ada satu being atau essence.
- Ulangan 6:4-5
- Kel 15:11
- Yesaya 45:5-6; 21-22
- Dalam Perjanjian Baru juga tegas dinyatakan bahwa hanya ada satu Allah. (I Tim 2:5; Roma 3:30; I Kor 8:6, Yak 2:19).

The Son of God (Anak Allah)

Yesus Kristus, sebagai Anak Allah, memiliki kesatuan esensi yang ilahi dengan Allah dinyatakan dalam ke empat Injil. Ia menyatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya yang menyatakan bahwa Ia memiliki kesatuan esensi yang ilahi dengan Allah dan setara dengan Allah.

Anak Allah, istilah yang menggambarkan relasi-Nya yang kekal dan dinamis dengan Bapa. Ia ada bersama Bapa dalam penciptaan, dan ada bersama dalam kemuliaan Bapa. Anak taat pada Bapa dalam segala hal, Anak diutus oleh Bapa dan bekerja dibawah otoritas Bapa. Roh Kudus diutus oleh Bapa dalam nama Kristus, tinggal dalam diri orang percaya menyatakan tentang Kristus.

Shalom Aleykhem....
-bayu-
Kata salam : SYALOM


Syalom:


1. SYALOM, etimologi : 

Kata "shalom" (Ibrani: שלום - שָׁלוֹם - "SYALOM/ SHALOM", dalam beberapa dialek diucapkan sholom, sholem, shoilem, shulem; Arab: salaam; Aram: shlama/ shlomo) berarti "damai", "perdamaian" atau "ketenangan". Kata ini digunakan 237 kali dalam Perjanjian Lama, digunakan untuk mengucapkan selamat kepada seseorang, untuk menanyakan keselamatan (bahasa Indonesia: Apa kabar?), digunakan untuk menjelaskan cara seseorang datang atau pergi (dengan damai atau tidak, misalnya pergilah 'dengan damai'), mengungkapkan kematian atau penguburan dalam damai.


Beberapa contoh:

    * Kejadian 15:15 LAI TB, Tetapi engkau akan pergi kepada nenek moyangmu dengan sejahtera ('SYALOM'); engkau akan dikuburkan pada waktu telah putih rambutmu.KJV, And thou shalt go to thy fathers in peace; thou shalt be buried in a good old age.Hebrew, 
    וְאַתָּה תָּבֹוא אֶל־אֲבֹתֶיךָ בְּשָׁלֹום תִּקָּבֵר בְּשֵׂיבָה טֹובָה׃
    Translit, VE'ATAH TAVO' 'EL-'AVOTEYKHA BESYALOM TIQAVER BESEVAH TOVAH

    Note: 
    בשלום - "BESYALOM" adalah kata שלום - "SYALOM" plus awalan preposisi ב - "BET" di depannya. Preposisi ini dapat diterjemahkan dengan"di", "pada", "dengan" tergantung konteks.

    * Kejadian 26:29 LAI TB, bahwa engkau tidak akan berbuat jahat kepada kami, seperti kami tidak mengganggu engkau, dan seperti kami semata-mata berbuat baik kepadamu dan membiarkan engkau pergi dengan damai ('SYALOM'); bukankah engkau sekarang yang diberkati TUHAN.KJV, That thou wilt do us no hurt, as we have not touched thee, and as we have done unto thee nothing but good, and have sent thee away in peace: thou art now the blessed of the LORD.Hebrew, 
    אִם־תַּעֲשֵׂה עִמָּנוּ רָעָה כַּאֲשֶׁר לֹא נְגַעֲנוּךָ וְכַאֲשֶׁר עָשִׂינוּ עִמְּךָ רַק־טֹוב וַנְּשַׁלֵּחֲךָ בְּשָׁלֹום אַתָּה עַתָּה בְּרוּךְ יְהוָה׃
    Translit, 'IM-TA'ASEH 'IMANU RA'AH KA'ASYER LO' NEGA'ANUKHA VEKHA'ASYER 'ASINU 'IMEKHA RAQ-TOV VANESYALEKHAKHA BESYALOM 'ATAH 'ATAH BERUKH YEHOVAH

    * Kejadian 28:21, LAI TB, sehingga aku selamat ('SYALOM') kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku.KJV, So that I come again to my father's house in peace; then shall the LORD be my God:Hebrew, 
    וְשַׁבְתִּי בְשָׁלֹום אֶל־בֵּית אָבִי וְהָיָה יְהוָה לִי לֵאלֹהִים׃
    Translit, VESYAVTI VESYALOM 'EL-BEYT 'AVI VEHAYAH YEHOVAH LI LE'LOHIM

    * Kejadian 29:6 LAI TB, Selanjutnya katanya kepada mereka: 'Selamatkah ('SYALOM') ia?' Jawab mereka: "'Selamat ('SYALOM')! Tetapi lihat, itu datang anaknya perempuan, Rahel, dengan kambing dombanya.KJV, And he said unto them, Is he well? And they said, He is well: and, behold, Rachel his daughter cometh with the sheep.Hebrew, 
    וַיֹּאמֶר לָהֶם הֲשָׁלֹום לֹו וַיֹּאמְרוּ שָׁלֹום וְהִנֵּה רָחֵל בִּתֹּו בָּאָה עִם־הַצֹּאן׃
    Translit, VAYO'MER LAHEM HASYALOM LO VAYO'MRU SYALOM VEHINEH RAKHEL BITO BA'AH 'IM-HATSO'N

    Note: 
    " השלום - HASYALOM" adalah kata tanya, "Apakah SYALOM?".

    * Kejadian 37:4LAI TB, Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah ('SYALOM')KJV, And when his brethren saw that their father loved him more than all his brethren, they hated him, and could not speak peaceably unto him. Hebrew, 
    וַיִּרְאוּ אֶחָיו כִּי־אֹתֹו אָהַב אֲבִיהֶם מִכָּל־אֶחָיו וַיִּשְׂנְאוּ אֹתֹו וְלֹא יָכְלוּ דַּבְּרֹו לְשָׁלֹם׃
    Translit, VAYIR'U 'EKHAV KI-'OTO 'AHAV 'AVIHEM MIKOL-'EKHAV VAYISNE'U 'OTO VELO' YAKHLU DABERO LESYALOM

    Note: 
    Sama halnya dengan בשלום - "BESYALOM" di atas, לשלם - "LESYALOM" adalah kata שלום - "SYALOM" plus prefiks preposisi ל - "LAMED". Sulit menjelaskan makna preposisi dalam bahasa Indonesia, barangkali dalam bahasa Inggris lebih gampang dimengerti. Bahasa Ibrani memiliki tiga preposisi yang dihubungkan langsung (tidak terpisahkan) dengan nomina:


    [1] Aksara ב - "BET" (BE), dalam bahasa Inggris 'in', 'by', 'with', misalnya בשלום - "BESYALOM", 'in peace';

    [2] Aksara ך - "KAF" (KE), 'as', 'like', 'according to'; tidak digunakan dengan kata שלום - "SYALOM";

    [3] Aksara ל - "LAMED" (LE), 'to', 'for', 'at', misalnya לשלם - "LESYALOM"'for peace', 'peaceably'.


    * Kejadian 37:14LAI TB, Kata Israel kepadanya: "Pergilah engkau melihat apakah 'baik' ('SYALOM') keadaan saudara-saudaramu dan keadaan kambing domba; dan bawalah kabar tentang itu kepadaku.' Lalu Yakub menyuruh dia dari lembah Hebron, dan Yusufpun sampailah ke Sikhem.KJV, And he said to him, Go, I pray thee, see whether it be well with thy brethren, and well with the flocks; and bring me word again. So he sent him out of the vale of Hebron, and he came to Shechem.Hebrew, 
    וַיֹּאמֶר לֹו לֶךְ־נָא רְאֵה אֶת־שְׁלֹום אַחֶיךָ וְאֶת־שְׁלֹום הַצֹּאן וַהֲשִׁבֵנִי דָּבָר וַיִּשְׁלָחֵהוּ מֵעֵמֶק חֶבְרֹון וַיָּבֹא שְׁכֶמָה׃
    Translit, VAYO'MER LO LEKH-NA' RE'EH 'ET-SYELOM 'AKHEYKHA VE'ET-SYELOM HATSO'N VAHASYIVENI DAVAR VAYISYLAKHEHU ME'EMEQ KHEVRON VAYAVO' SYEKHEMAH

    Note: 
    את שלום - 'ET-SYELOM adalah kata "SYALOM" plus את - 'ET sebagai tanda obyek langsung.


    * Kejadian 43:23LAI TB, Tetapi jawabnya: 'Tenang sajalah ('SYALOM'), jangan takut; Allahmu dan Allah bapamu telah memberikan kepadamu harta terpendam dalam karungmu; uangmu itu telah kuterima." Kemudian dikeluarkannyalah Simeon dan dibawanya kepada mereka.KJV, And he said, Peace be to you, fear not: your God, and the God of your father, hath given you treasure in your sacks: I had your money. And he brought Simeon out unto them.Hebrew, 
    וַיֹּאמֶר שָׁלֹום לָכֶם אַל־תִּירָאוּ אֱלֹהֵיכֶם וֵאלֹהֵי אֲבִיכֶם נָתַן לָכֶם מַטְמֹון בְּאַמְתְּחֹתֵיכֶם כַּסְפְּכֶם בָּא אֵלָי וַיֹּוצֵא אֲלֵהֶם אֶת־שִׁמְעֹון׃
    Translit, VAYO'MER SYALOM LAKHEM 'AL-TIRA'U 'ELOHEYKHEM VE'LOHEY 'AVIKHEM NATAN LAKHEM MATMON BE'AMTEKHOTEYKHEM KASPEKHEM BA' 'ELAY VAYOTSE' 'ALEHEM 'ET-SYIM'ON


-----


Padanan kata Ibrani שלום - "SYALOM" adalah kata Yunani ειρηνη - "EIRÊNÊ"
Kata ειρηνη - "EIRÊNÊ" ini secara konseptual bermakna : suatu keadaan tenang, misalnya tanpa huru-hara atau perang, keharmonisan antar individu, keamanan, keselamatan, kemakmuran.


Beberapa contoh:

    * Matius 10:13 LAI TB, Jika mereka layak menerimanya, salammu ('eirênê') itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu ('eirênê') itu kembali kepadamu. KJV, And if the house be worthy, let your peace come upon it: but if it be not worthy, let your peace return to you. TR, και εαν μεν η η οικια αξια ελθετω η ειρηνη υμων επ αυτην εαν δε μη η αξια η ειρηνη υμων προς υμας επιστραφητωTranslit, kai ean men ê hê oikia axia elthetô hê eirênê humôn ep autên ean de mê ê axia hê eirênê humôn pros humas epistraphêtô

    * Matius 10:34LAI TB, "Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa 'damai' ('eirênê') di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai ('eirênê'), melainkan pedang." KJV, Think not that I am come to send peace on earth: I came not to send peace, but a sword. TR, μη νομισητε οτι ηλθον βαλειν ειρηνην επι την γην ουκ ηλθον βαλειν ειρηνην αλλα μαχαιρανTranslit, mê nomisête hoti êlthon balein eirênên epi tên gên ouk êlthon balein eirênên alla makhairan

    * Markus 5:34, LAI TB, Maka kata-Nya kepada perempuan itu: 'Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat ('eirênê') dan sembuhlah dari penyakitmu!' KJV, And he said unto her, Daughter, thy faith hath made thee whole; go in peace, and be whole of thy plague. TR, ο δε ειπεν αυτη θυγατερ η πιστις σου σεσωκεν σε υπαγε εις ειρηνην και ισθι υγιης απο της μαστιγος σουTranslit, ho de eipen autê thugater hê pistis sou sesôken se hupage eis eirênên kai isthi hugiês apo tês mastigos sou

    * Yohanes 20:26, LAI TB, Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: 'Damai sejahtera bagi kamu!'KJV, And after eight days again his disciples were within, and Thomas with them: then came Jesus, the doors being shut, and stood in the midst, and said, Peace be unto you
    The Aramaic New Covenant, [color=green]And again after eight days the disciples being inside and Tama with them Yah Shua comes, when the portals are held, and stands midst, and words to them, Shalom with you

    BRIT CHADASHA (Terj.)And after shmonah yamim (eight days) again the talmidim of Rebbe, Melech HaMoshiach were inside, and T'oma with them. Although the delatot were shut, He comes and stood in the midst and said, Shalom Aleichem.
    TR, και μεθ ημερας οκτω παλιν ησαν εσω οι μαθηται αυτου και θωμας μετ αυτων ερχεται ο ιησους των θυρων κεκλεισμενων και εστη εις το μεσον και ειπεν ειρηνη υμινTranslit, kai meth hêmeras oktô palin êsan esô hoi mathêtai autou kai thômas met autôn erkhetai ho iêsous tôn thurôn kekleismenôn kai estê eis to meson kai eipen eirênê humin

    Note: 
    'ειρηνη υμιν - eirênê humin' dalam bahasa Ibrani adalah שלום עליכם - "SYALOM 'ALEYKHEM".

Sumber: SarapanPagi Biblika (http://www.sarapanpagi.org)

Kisah Orang Kudus


  Santa Imelda Lambertini, Perawan


santino_imeldaImelda, putri seorang Jendral, lahir di Bologna, Italia pada tahun 1321. Ketika berumur 5 tahun, ia meminta kepada ayahnya agar mengijinkan dia menerima Komuni pertama. Permintaannya ini tidak bisa dikabulkan ayahnya karena peraturan Gereja belum mengijinkan anak-anak seumur itu untuk menerima Sakramen MahaKudus. Pada masa itu, anak-anak baru diperbolehkan menyambut Komuni Suci bila mereka sudah menginjak usia 14 tahun.

Imelda mempunyai suatu minat besar terhadap hal-hal kerohanian. Ia rajin berdoa dan mengikuti Kurban Misa. Menjelang usia 9 tahun, Imelda diijinkan ayahnya memasuki biara sebagai calon suster, ia bisa secepatnya menyambut Tubuh Kristus seperti suster-suster lainnya. Namun Moeder Overste tidak mengijinkan dia. Pada waktu umur 11 tahun, Imelda mengalami suatu peristiwa ajaib. Ketika sedang merayakan misa Kudus bersama suster-suster lain, tiba-tiba sebuah Hosti Kudus keluar dari Tarbenakel dan melayang-layang di atas kepalanya. Semua suster yang ada di dalam gereja terheran-heran karena peristiwa itu.

Mukjizat ini menunjukkan bahwa kerinduan hati Imelda untuk menerima Sakramen Maha Kudus benar-benar merupakan suatu karya Roh dalam dirinya. Menyadari hal ini, imam yang memimpin perayaan itu segera memberinya ijin untuk menerima Komuni Kudus. Ketika menerima Komuni itu, ia langsung meninggal dunia.

Peristiwa atas diri Imelda ini terjadi pada tahun 1333. Gereja mengangkat Imelda sebagai pelindung anak-anak yang mempersiapkan diri untuk menerima Komuni Pertama.

sumber : www.imankatolik.or.id

Jejaring Sosial Keuskupan Padang

Dibawah Keuskupan Padang
Info Paroki: Jadwal Misa & Alamat & Jejaring Sosial

Wilayah SUMBAR
No
Paroki/ Gereja
Jadwal Misa
Jaring Sosial
Foto
1
Keuskupan Padang

Jl. Khairil Anwar No 12 Padang 25118 Sumatera Barat
Telp (0751) 32816 Fax : 21743

email : 

Web: keuskupanpadang.org

Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:



Facebook
Twitter
2
St Theresia Kanak-kanak Yesus – Katedral Padang

Alamat : Jl Bundo Kandung 31 Padang 25118 Sumbar
Telp / Fax : (0751) 25572 / 812416

Buku Paroki : Sejak tahun 1832
Harian: 
- 06:15 
- 18:00

Sabtu: 18:30

Minggu:
- 06:15
- 07:30
- 09:00
- 17:00  

Kamis (Salve): 18:30 Jumaat Pertama:


Web
Facebook
Twitter
3
St Fransiskus Assisi – Padang Baru
Alamat : Jl. Jend. Sudirman No 50 Padang – 25129 Sumbar
Telp : (0751) 23201

Buku Paroki : Sejak 1960, sebelumnya di Katedral Padang
Harian: 06:00

Sabtu: 18:00

Minggu: 
- 06:00
- 08:00

Jumaat Pertama: 12:00


Web
Facebook
Twitter
4
St Maria Bunda Yesus – Tirtonadi Padang
Alamat : Jl. Kp. Batu No 55 Padang 25215 Sumbar
Telp / Fax : (0751) 26070

Buku Paroki ; Sejak Tahun 1978 sebelumnya di Katedral Padang
Harian:
Sabtu:
Minggu: 

Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

5
St Petrus Claver – Bukittinggi
 Jl. Jend. Sudirman 67 Bukittinggi 26116. Telp : (0752) 21467

Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

6
St Petrus Apostolus – Padangpanjang

Alamat : Pastoram katolik Padangpanjang – 27111. Telp : (0752) 82521
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

7
St Fidelis a Sigmarinda – Payakumbuh

Alamat : Pastoran Katolik Payakumbuh 26251. Telp : (0752) 92148
Harian:
Sabtu: 17:00
Minggu: 08:00
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

7
St Barbara – Sawahlunto

Alamat : Pastoran Katolik Sawah Lunto 27411. Telp : (0754) 61028
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

8
St Maria Assumpta – Kayu Aro

Pastoran Katolik Kayu Aro
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

9
Paroki Keluarga Kudus, Pasaman

Mahakarya – Kotak Pos 5 Pasaman 26368
Telp : (0753) 70000823
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter


Wilayah MENTAWAI
No
Paroki/ Gereja
Jadwal Misa
Jaring Sosial
Foto
1
St Maria Assumpta – Sikakap
·  
   Alamat : Pastoran Paroki Sikakap, Mentawai 25391 Telp : (0759) 322127
·   Buku Paroki : Sejak tahun 1958, sebelumnya di Muara Siberut
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

2
St Yoseph – Sipora

·  Alamat : Pastoran Katolik Sioban, Mentawai 25392 Telp. : (0859) 323084
·  Buku Paroki : Sejak tahun 1962, sebelumnya di Sikakap
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

3
St Maria diangkat ke Surga – Siberut

·  Alamat : Pastoran Katolik Muara Siberut, Mentawai 25393. Telp : (0759) 21015
·  Buku Paroki : Sejak tahun 1954.
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

4
St Maria Ausxilium Christianorum – Sikabaluan

-  Alamat : Pastoran Katolik Sikabaluan, Mentawai 25394
-  Buku Paroki : Sejak tahun 1969, sebelumnya di muara siberut
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter


Wilayah RIAU
No
Paroki/ Gereja
Jadwal Misa
Jaring Sosial
Foto
1
Paroki Santa Maria A Fatima, Pekanbaru

JL. Akhmad Yani, Pekanbaru, Riau
Harian: 05:45
Sabtu: 19.00;
Minggu:
I.   06.30,
II.  08.00,
III. 17.00
Jumaat Pertama:

Facebook
Twitter

2
Paroki St Paulus Pekanbaru

Jl Sukarno Hatta – Gg. Pribadi No 10 Labuh Baru Pekanbaru 28291 Riau
Telp : (0761) 58749
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Facebook
Twitter

3
Paroki St Theresia, Air Molek

Jl Pierre Tendean, Indragiri Hulu 29352 Riau
Telp : (0769) 41072
Fax : (0769) 41160
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Twitter

4
Paroki St Yosef Duri

Jl. Gajahmada No 107 Duri 28884 Riau
Telp : (0762) 92370

Email: gerejastyosef@gmail.com.
Harian:
Sabtu: 18:00
Minggu: 08:00
Jumaat Pertama: 18:00

Twitter

5
Paroki St. Fransiskus Xaverius, Dumai

Jl. Datuk Laksamana 99, Dumai, Riau 28811
Telp: (0765) 31238
Harian: 06.00
Sabtu : 18.00,
Minggu: 08.00
Jumaat Pertama:

Facebook
Twitte

6
Paroki St. Theresia, Rengat

Rengat, Riau 29300
Telp. (0721) 253-167 dan (0721) 262-576
Harian:
Sabtu:
Minggu: 08:30 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

7
Paroki St Petrus & St. Paulus, Bagan Siapi-api

Jl.Mawar No 42 Bagan siapi-api 28911 Riau
Telp : (0652) 21224
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

8
Paroki St. Ignatius, Pasir Pangarayan

Jl Hang Tuah no 977 Pasir Pangarayan 28457 Riau
Telp : (0762) 91126
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter

9
Paroki St Maria Ratu Rosari,  Bagan Batu,

Jl. Tuanku Tambusai Kotak Pos 15 Bagan Batu – Riau
Telp : (0765) 51639
Harian: 06:00
Sabtu: 17:00
Minggu: 07:30
Jumaat Pertama: 08:00

Web
Facebook
Twitter

10
Paroki Hati Kudus, Pangkalan Kerinci

Jl. Arbes Ujung PO Box 11 Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan – Riau 28300
Harian:
Sabtu:
Minggu: 
Jumaat Pertama:

Web
Facebook
Twitter


Catatan Penting!!!
Alamat & Nama Gereja/Paroki di seluruh Indonesia
----------------------------------------------------


Kepada rekans seiman dalam Kristus,
Mohon informasi jadwal Misa dan Foto profile, dengan mengirimkan kepada kami. Terima kasih.

Shalom Aleichem
Admid Web St Yosef Duri